Fukuoka

Fukuoka adalah kota terbesar di pulau Kyushu, dengan populasi paling besar no.10 di Jepang. Karena letaknya yang dekat dengan daratan Asia (jarak Fukuoka lebih dekat ke Seoul dibandingkan dengan ke Tokyo), Fukuoka sudah sejak lama menjadi kota pelabuhan penting.

Fukuoka modern merupakan gabungan kota pelabuhan Hakata dengan kota kastil tua Fukuoka dari tahun 1889. Saat ini Hakata menjadi nama dari salah satu distrik di Fukuoka, dan salah satu stasiun kereta api utama Fukuoka.

Bandara Fukuoka adalah satu dari sedikit bandara yang berada di area kota di Jepang. Bandara ini langsung terhubung dengan subway yang memberikan akses cepat ke stasiun Hakata (5min), dan stasiun Tenjin di pusat kota Fukuoka (10min). Juga terdapat shuttle bus yang menghubungkan terminal domestik dan internasional.

220220123002 resize

Untuk orientasi seputar kota, terdapat bus 100 yen yang berkeliling antara stasiun Hakata dan Tenjin, melalui kota kanal (kompleks perbelanjaan dan hiburan) dan area kedai-kedai makanan di pulau Nakasu. Bus ini berangkat setiap 10min, dan biayanya ¥.100 per sekali jalan.

Fukuoka city loop bus hijau, adalah bus untuk turis, beroperasi hanya di waktu akhir pekan dan liburan, menghubungkan stasiun Hakata dengan tempat wisata utama termasuk kota kanal, taman Ohori dan taman Momochi. Beroperasi setiap 30min sekali dengan biaya ¥.250 sekali jalan, atau pass 1 hari seharga ¥.700.

Pass lainnya di Fukuoka:

  • Fukuoka Tourist city pass (¥.800 atau ¥.1,300) – pass ini hanya berlaku untuk turis asing, untuk pemakaian 1 hari, berlaku untuk semua kereta dan bus di Fukuoka, termasuk subway, kereta JR dan Nishitetsu. Juga memberikan free atau diskon untuk biaya masuk di beberapa tempat wisata. Pass ¥.800 berlaku hanya untuk di pusat Fukuoka, sedangkan pass ¥.1,300 sudah termasuk kereta Nishitetsu sampai ke daerah Dazaifu.
  •  Pass subway 1 hari (¥.500 untuk akhir pekan dan liburan, atau ¥.600 untuk hari kerja) – untuk pemakaian subway Fukuoka dalam 1 hari. Tersedia di semua stasiun subway.

Singgah di Fukuoka, jangan lupa untuk mencicipi ramen tonkotsu (tulang babi). Kuah nya kental dan harum… slurrpie deh… ;) selain itu pada musim dingin, kota ini terkenal dengan menu ikan fugu (ikan buntal yang beracun) nya.

IMG_5131

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>