Kurokawa Onsen

Kurokawa Onsen merupakan salah satu dari kota onsen menarik di Jepang. Letaknya di tengah pulau Kyushu, sekitar 20km utara Gunung Aso. Kota kecil yang dijuluki ‘jewel in the middle of nowhere’ oleh beberapa orang asing, sampai sekarang tetap menjaga nuansa tradisional, sehingga tidak dijumpai bangunan hotel megah yang modern, lampu-lampu neon dkk yang mendominasi banyak kota resort Jepang sekarang ini.

200220122980_resize

Kota ini mudah dinikmati dengan berjalan kaki, melewati rumah-rumah kayu dengan bentuk tradisional, jalanan berbatu, serta sungai yang melintasi kota. Sebagian besar ryokan (penginapan tradisional) terletak di pusat kota, sebagian lainnya berada dalam jangkauan berjalan kaki, beberapa ryokan terletak agak jauh dari pusat kota.

penunjuk arah beberapa ryokan.. sebaiknya sebelum tiba di kurokawa sudah mengetahui kira-kira letak dari ryokan yang digunakan...

penunjuk arah beberapa ryokan.. sebaiknya sebelum tiba di kurokawa sudah mengetahui kira-kira letak dari ryokan yang digunakan…

Sebagai kota resort onsen, di sepanjang jalan dipenuhi oleh penginapan, toko, restaurant serta tempat pemandian umum. Dan pengunjung banyak terlihat berjalan-jalan keliling dengan menggunakan yukata (kimono musim panas) dan sandal tradisional geta, yang disediakan oleh pihak penginapan.

jalanan kota yang diapit oleh ryokan

jalanan kota yang diapit oleh ryokan

kuno... hihihiihi

kuno… hihihiihi

.. yg ini lebih terawat fufufu

.. yg ini lebih terawat fufufu

ini pusat kota nya...

ini pusat kota nya…

IMG_5288_resize

Untuk mencapai Kurokawa Onsen, dapat menggunakan bus Kyushu Odan dari Beppu (jalur Beppu – Kumamoto), perjalanan selama 2 jam setengah, biaya sekali jalan ¥.2,300. Atau dari Fukuoka, menggunakan Nishitetsu bus, perjalanan selama 3 jam , biaya sekali jalan ¥.3,000. Perlu dicatat, karena bus yang melewati Kurokawa Onsen ini tidak terlalu banyak, lebih baik membuat reservasi terlebih dahulu.

Jadi … apa yang bisa dilakukan di kota kecil ini?? … pastinya berendam air panas… hihihih… Kurokawa onsen menyediakan banyak pemandian air panas terbuka (rotenburo) yang bagus. Beberapa rotenburo ini letaknya tepat di tepi sungai, beberapa lagi menyediakan kolam-kolam ukuran besar. Penginapan di tengah kota biasanya menyediakan kolam yang lebih kecil, tetapi lebih bernilai sejarah, beberapa di klaim bahwa dulu sering digunakan oleh para tuan tanah dari jaman feodal.

Selain menyediakan fasilitas untuk para turis yang bermalam, ryokan yang ada juga menyediakan fasilitas pemandian umum untuk turis yang tidak bermalam. Biasanya orang akan ‘tour’ dari satu pemandian ke pemandian lainnya (rotemburo meguri / tour keliling rotemburi). Ini juga sering dilakukan oleh turis yang bermalam. Selain dapat menikmati fasilitas pemandian di ryokan yang mereka tempati untuk bermalam, mereka juga dapat berkeliling mencoba pemandian di ryokan lainnya.

Untuk keperluan inilah, sekarang ini disediakan pass dari kayu yang disebut tegata, dijual dengan harga ¥.1,200 (biaya masuk untuk 1 ryokan rata-rata ¥.500); dapat digunakan sebagai pengganti biaya masuk di 3 pemandian di ryokan yang berbeda. Untuk turis lokal tegata ini berlaku untuk masa 6 bulan dari kunjungan rotemburo pertama. Dan tegata ini berlaku untuk lebih dari 20 ryokan yang ikut berpartisipasi.

tegata untuk dewasa... bagian belakangnya akan di cap oleh ryokan sewaktu tegata ini digunakan...

tegata untuk dewasa… bagian belakangnya akan di cap oleh ryokan sewaktu tegata ini digunakan…

Selain pemandian yang disediakan oleh ryokan; terdapat pula pemandian umum indoor di tengah kota seperti: Jizoyu public bath (¥.200 per orang, terbagi untuk pria dan wanita), Anayu public bath (¥.100 per orang, khusus pemandian campur).

Ketika mengunjungi restaurant di Kurokawa Onsen jangan terkejut jika dalam menu terdapat makanan dari daging kuda… karena daging kuda memang makanan khas daerah ini (termasuk Kumamoto :D). Mereka mengatakan daging kuda lebih bagus dibandingkan daging sapi, karena lemak, kolesterol serta kalori nya rendah, dan lebih mengandung protein tinggi. Daging kuda tersebut dapat dimasak dalam bentuk dipanggan, masakan kari ataupun disajikan mentah…

dari beragam kari yang ada... kari daging kuda adalah yg terlezaaat... hoohohoho

dari beragam kari yang ada… kari daging kuda adalah yg terlezaaat… hoohohoho

... tak lupa cemilan lucu setelah makan... hihihihi... mungilnya itu es krim ... hhihihi... dsajikan lengkap dengan macha yang rasanya ternyata enak bangeeedd... (padahal kalau di manga katanya super pahit hihihih)

… tak lupa cemilan lucu setelah makan… hihihihi… mungilnya itu es krim … hhihihi… dsajikan lengkap dengan macha yang rasanya ternyata enak bangeeedd… (padahal kalau di manga katanya super pahit hihihih)

macha yang bikin ketagihan hihihihi

macha yang bikin ketagihan hihihihi

Lalu….. saatnya ber onsen riaa…. yeaaay….

sempat nyolong foto salah satu kolam onsen kecil yang kebetulan belum ada pengunjung ...yeaaay... hihihihi...

sempat nyolong foto salah satu kolam onsen kecil yang kebetulan belum ada pengunjung …yeaaay… hihihihi…

maskot daerah Kumamoto... nyoook ng onseen mareeeh .. hihihii

maskot daerah Kumamoto… nyoook ng onseen mareeeh .. hihihii

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>