Beppu

Beppu adalah kota di daerah Oita di pulau Kyushu. Terkenal sebagai salah satu resor mata air panas/onsen terkenal di Jepang. Kota ini mempunyai 8 mata air panas: Beppu, Kannawa, Myoban, Kankaji, Hamawaki, Kamegawa, Horita dan Shibaseki; dikenal dengan nama Beppu Hatto. Beppu juga dikenal sebagai ibukota onsen di Jepang.

kota Beppu yang sering mengeluarkan asap... buussshhhh...

kota Beppu yang sering mengeluarkan asap… buussshhhh…

Untuk mencapai Beppu, bandara terdekat adalah di Oita, yang berjarak 40min dari Beppu dengan bus (¥.1,450 sekali jalan). Selain Oita bandara terdekat lainnya adalah Fukuoka, berjarak sekitar 2 setengah jam dari Beppu dengan bus (¥.3,100 sekali jalan).

Selain itu dapat pula menggunakan bus dan ferry dari Hiroshima di pulau Honshu langsung menuju Beppu, dengan total perjalanan 5 jam 40min, dan biaya ticket  ¥.5,500.

Untuk orientasi seputar kota Beppu dapat menggunakan bus. Terdapat 2 perusahaan bus di Beppu; Kamenoi dan Oita. Bus Kamenoi menawarkan pass untuk 1hari pemakaian bus dengan harga ¥.900.

Begitu tiba di stasiun Beppu, pengunjung akan disambut oleh bapa pariwisata Beppu, Kumahachi Aburaya, yang dengan slogan nya “don’t forget to show hospitality to strangers” dan dengan ide-ide kreatif nya telah mengangkat pariwisata Beppu.

Patung Kumahachi Aburaya

Patung Kumahachi Aburaya

Ia juga orang yang memperkenalkan tour 9 neraka (jigoku) di Beppu, yang sampai sekarang menjadi andalan kota ini. Ke 9 jigoku tersebut dinamakan demikian karena air panas nya berkisar dari suhu 50 – 99.5 derajat Celsius. Dari 9 jigoku tersebut, 7 berada di daerah Kannawa, 2 lainnya terletak di Shibaseki. Ke 9 jigoku itu adalah:

1. Umi Jigoku

Salah satu jigoku yang indah dengan warna biru sehingga dinamakan umi / laut. Umi jigoku terbentuk setelah terjadinya ledakan vulkanik 1200 tahun lalu, dan suhu umi jigoku mencapai 98 derajat celsius.

Umi Jigoku yg berwarna biru

Umi Jigoku yg berwarna biru

Kompleks jigoku ini cukup luas, dan terdapat pula 2 kolam lainnya selain umi jigoku; yaitu kolam berwarna jingga serta kolam air panas yang ditanami bunga-bunga teratai.

kolam dengan air berwarna jingga di umi jigoku

kolam dengan air berwarna jingga di umi jigoku

teratai yang dibudidayakan di kolam ke 3 di umi jigoku

teratai yang dibudidayakan di kolam ke 3 di umi jigoku

2. Oniishibozu Jigoku

Nama Oniishibozu diambil dari gelembung-gelembung lumpur, yang ketika menggelembung menyerupai kepala gundul licin dari para biksu.

gelembung di kolam Oniishibozu Jigoku

gelembung di kolam Oniishibozu Jigoku

kolam lumpur panas Oniishibozu Jigoku

kolam lumpur panas Oniishibozu Jigoku

3. Shiraike Jigoku

Seperti namanya ‘kolam neraka putih’, jigoku ini menampilkan air panas yang berwarna putih susu dengan nuansa kebiruan yang indah.

shiraike jigoku

shiraike jigoku

4. Kamado Jigoku

Di depan dari kompleks Kamado Jigoku terdapat patung besar iblis sebagai koki di neraka hihihih… sesuai dengan nama nya yang berarti neraka panci masak. Kolam dari Kamado jigoku warnanya berubah-ubah dalam beberapa tahun sekali, terkadang biru, hijau atau putih. Di tempat ini pengunjung dapat merendam kaki dan mencoba beberapa cemilan yang dimasak di kolam jigoku.

oni... koki dari neraka... hohohoh

oni… koki dari neraka… hohohoh

kolam kamado jigoku... saat ini (feb 2012) berwarna kebiruan...

kolam kamado jigoku… saat ini (feb 2012) berwarna kebiruan…

telur rebus di kamado jigoku... merupakan yang terlezat dibandingkan dengan telur rebus dari jigoku lainnya ... nyaaam...

telur rebus di kamado jigoku… dengan warna kecoklatan… merupakan yang terlezat dibandingkan dengan telur rebus dari jigoku lainnya … nyaaam…

5. Oniyama Jigoku

Di jigoku terdapat penangkaran buaya, sehingga jigoku ini disebut Oniyama yang berarti monster pegunungan…

buaya mutmut penghias oniyama jigoku... hihihih buaya aslinya maleeess motonya...

buaya mutmut penghias oniyama jigoku… hihihih buaya aslinya maleeess motonya…

6. Yama Jigoku

Neraka gunung ini terdiri dari kolam-kolam kecil air panas. Di sini juga terdapat kebun binatang kecil.

yama jigoku

yama jigoku

7. Kinryu Jigoku

Berarti jigoku naga emas. Jigoku ini memiliki patung naga besar, dan dari mulutnya akan keluar uap asap panas.

8. Chinoike Jigoku

Kolam darah ini airnya berwarna merah sesuai dengan namanya. Merupakan jigoku yang paling indah dari ke 9 jigoku yang ada di Beppu.

chinoike jigoku

chinoike jigoku

Cemilan khas dari Chinoike Jigoku adalah puding ‘darah’… yang dibuat seperti warna kolam nya :D rasanya yummiee… (pasti deh hahahah)

puding chinoike jigoku

puding chinoike jigoku

yummie lhoooo

yummie lhoooo

9. Tatsumaki Jigoku

Keunikan jigoku ini adalah bentuknya seperti air mancur yang memancar setiap 30-40 menit dan akan terus memancar selama 6-10 menit.

IMG_5126_resize

Ke 9 jigoku tersebut dapat dikunjungi dengan membayar biaya masuk sebesar ¥.400 untuk setiap jigoku, tetapi tersedia pass untuk mengunjungi semua jigoku dengan harga ¥.2,000.  Dari semua jigoku, Chinoike dan Tatsumaki berada di daerah Shibaseki, sisanya berada di daerah Kannawa.

Untuk ke daerah Kannawa, gunakan Kamei bus no. 5, 7 atau 9 dari Stasiun Beppu, 15 min menuju terminal bus kannawa. Dari Kannawa gunakan bus Kamei no 16 atau 16 A, 5 min perjalanan menuju Shibaseki area untuk mengunjungi 2 jigoku terakhir. Untuk kembali ke Stasiun Beppu, gunakan bus yang sama (#16 / 16A) dari Shibaseki (40min)

Beppu tidak hanya menawarkan tour 9 jigoku ini, sebagai ibukota onsen Jepang, kota ini menyediakan banyak sekali tempat pemandian umum di ke 8 daerah onsen nya. Selain berendam air panas dan air mineral, ditawarkan juga paket lainnya seperti berendam dalam lumpur ataupun pasir.

Salah satu pemandian umum yang terkenal di kota ini adalah Takegawara onsen. Konstruksi awalnya sudah dibangun sejak tahun 1879, Takegawara merupakan tempat pemandian umum yang paling terkenal di Beppu. Menawarkan pula berendam di pasir hangat yang sangat membuat relax, dengan biaya ¥.1,000 (dan ¥.100 untuk berendam air panas biasa). Yang perlu diperhatikan hanyalah gedung ini terletak di daerah red light district Beppu, jadi lebih baik terutama untuk para wanita, kunjungan ke tempat ini dilakukan sebelum matahari terbenam heheheh…

takegawara onsen

takegawara onsen

Selain jigoku dan onsen nya, Beppu terkenal dengan cemilan yang cukup aneh… antara lain, es krim rasa sambal, lada hitam dan bubuk cabe … walaupun aneh tapi perpaduan rasanya yummie lhooo hahahah bahkan sekarang malah ketagihan mencampur sundae dengan lada hitam hihihi… top deh … boleh dicoba ;)

es krim + sambal pedas ... yum...

es krim + sambal pedas … yum…

es krim + bubuk cabai merah.. ini yang paling kurang menggigit...

es krim + bubuk cabai merah.. ini yang paling kurang menggigit…

es krim lada hitam... yang paling yummie...

es krim lada hitam… yang paling yummie…

Selain itu di tepi-tepi jalan dapat ditemukan kedai kushiyaki yang yummie… :D

180220122935_resize

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>