Osaka

Osaka adalah kota ke 3 terbesar di Jepang dan telah menjadi pusat kekuatan ekonomi daerah Kansai sejak ratusan tahun lalu. Dulu kota ini disebut Naniwa. Sebelum periode Nara, Naniwa pernah menjadi ibukota Jepang.

Pada abad 16, Toyotomi Hideyoshi memilih Osaka sebagai tempat pembangunan kastil nya, dan kota ini akan menjadi ibukota Jepang, jika saja Tokugawa ieyasu (yang telah memusnahkan keturunan Toyotomi setelah meninggalnya Hideyoshi) tidak memindahkan pusat pemerintahannya ke Edo (Tokyo sekarang). Kastil Osaka yang sekarang ini menjadi salah satu atraksi utama kota ini, dibangun tahun 1931 di tempat dimana Toyotomi Hideyoshi mendirikan kastil nya di tahun 1583.

Bandara Kansai terletak tidak jauh dari Osaka, dapat dicapai dengan kereta ataupun bus. Kereta JR ‘Haruka’ limited express (tokkyu) menghubungkan bandara Kansai dengan stasiun Tennoji (30min, ¥.1,760 untuk ticket tanpa reservasi tempat duduk, ¥2,300 dengan reservasi); menghubungkan pula bandara Kansai dengan stasiun Shin-Osaka (50min, ¥.2,470 tanpa reservasi, ¥3,000 dengan reservasi).

Kereta lainnya kaisoku (rapid trains) menghubungkan bandara Kansai dengan stasiun Tennoji (50min, ¥.1,030) dan dengan stasiun Osaka (70min, ¥.1,160).

Pilihan lainnya, kereta Nankai, dengan jenis kereta tokkyu limited express (30min, ¥.1,390 dengan reservasi); atau kyuko express train (45min, ¥.890). Kereta Nankai ini menghubungkan bandara Kansai dengan stasiun Namba.

Antara bandara ke kota Osaka juga dihubungkan dengan bus bandara yang akan berhenti di beberapa tempat dan hotel di Osaka, termasuk perhentian di stasiun Osaka (60min, ¥1,500), stasiun Namba (45min, ¥.1,000) dan bandara Itami (70min, ¥.1,900)

Akses dari dan menuju bandara Kansai selengkapnya dapat dilihat di sini.

Untuk berorientasi seputar kota Osaka dapat menggunakan pass sbb:

  • Osaka Unlimited Pass (¥.2,000) – merupakan pass yang berlaku untuk pemakaian tak terbatas dalam 1 hari, berlaku untuk semua jalur subway, bus dalam kota, dan jalur kereta dalam kota (Hankyu, Hanshin, Nankai, Keihan dan Kintetsu); termasuk pemberian discount atau free untuk masuk ke beberapa tempat wisata. Pass ini dapat dibeli di tourist information centre dan travel agent.
  • Osaka 1 day pass (¥.800 untuk weekday, dan ¥.600 untuk weekend) – untuk pemakaian tak terbatas dalam 1 hari berlaku untuk semua jalur subway, bus dalam kota, dan jalur tram baru (tidak termasuk jalur tram OTS – Osaka port transport system). Pass ini dapat dibeli di stasiun subway dan kios-kios.

Daerah Minami (selatan Osaka), di sekitar stasiun Namba, merupakan salah satu pusat kota Osaka. Di sini terdapat distrik hiburan dan kota teramai dan menawarkan banyak pilihan restaurant dan perbelanjaan.

Dotonbori, merupakan salah satu tempat turis populer, jalanan ini memanjang pararel dengan kanal Dotonbori. Selain sebagai pusat hiburan dan perbelanjaan, di sini juga merupakan salah satu tujuan kuliner kota ini. Malam hari Dotonbori diramaikan oleh kedai-kedai okonomiyaki dan takoyaki yang merupakan jajanan khas daerah Kansai.

Dotonbori di malam hari

Dotonbori di malam hari

kedai okonomiyaki di Dotonbori

kedai okonomiyaki di Dotonbori

okonomiyaki..

okonomiyaki.. di dotonbori harga sekitar ¥.500…

Okonomiyaki sering disamakan dengan omelet / pancake / pizza jepang. Merupakan makanan khas dari Kansai dan Hiroshima. Okonomiyaki tipe Osaka merupakan yang paling terkenal di Jepang, terbuat dari: tepung, nagaimo (sejenis ketela), telur, cacahan daun kol, daun bawang. Dan biasanya dilengkapi daging babi tipis, gurita, udang, sayuran, atau cumi-cumi.

Takoyaki adalah cemilan berbentuk bola, terdiri dari tepung yang dipanggan di panggangan khusus untuk takoyaki. Di dalam nya diisi gurita. Takoyaki ini dipopulerkan di Osaka sejak tahun 1935 oleh seorang penjaja makanan pinggir jalan bernama Tomekichi Endo.

Kedai takoyaki Tako tako King yang mempunyai kedai di daerah Shinsaibashi Osaka (terletak di daerah Shinsaibashi, sebelah utara dotonbori), merupakan salah satu tempat takoyaki terbaik di Osaka. Dengan staff yang ramah dan lucu. Kedai ini mudah dilihat dengan logo gurita besar mengenakan mahkota di bagian depan kedai nya :D

bagian muka kedai tako tako king

bagian muka kedai tako tako king

menyajikan takoyaki dengan 3 jenis saos.. yang ini dengan saos bbq...

menyajikan takoyaki dengan 3 jenis saos.. yang ini dengan saos bbq… d best… ehhehehehe

takoyaki saus soyu

takoyaki saus soyu

takoyaki bumbu garam + daun bawang... hiihhihi yg ini mesen nya rada bikin aib hohohoho...

takoyaki bumbu garam + daun bawang… hiihhihi yg ini mesen nya rada bikin aib hohohoho…

1 porsi takoyaki terdiri dari 12 bola-bola tako, kisaran harga antara ¥.350 – 450. Selain takoyaki, kedai ini juga menyajikan panggangan jamur yang tak kalah yummie nya…

jamur panggang yang yummie... sampai nambah ...

jamur panggang yang yummie… sampai nambah …

Untuk bermalam… cobalah kapsul hotel di daerah shinsaibashi. Biasanya kapsul hotel dikhususkan untuk pria saja, karena biasanya yang menginap di kapsul hotel adalah pekerja kantor yang lembur ataupun menghibur diri sampai jauh tengah malam shingga tidak ada kendaraan pulang. Tetapi kapsul hotel tidak dianjurkan untuk penderita klaustrofobia (fobia dalam ruang sempit/kecil).

Capsule hotel Asahi Plaza Shinsaibashi, menyediakan area khusus wanita. Dengan ruang loker untuk menyimpan koper/tas besar, ruang kamar2 kapsul yang bertingkat, kamar mandi, toilet, sauna dan ruang hiburan. Ruang kapsul tidurnya sendiri dilengkapi AC, televisi dan tempat charging. Harga per orang ¥.2,900.

bentuk kamar di capsule hotel asahi plaza shinsaibashi....

bentuk ‘kamar’ di capsule hotel asahi plaza shinsaibashi….

Bermalam di dalam kapsul mungil seperti itu menjadikan pengalaman tersendiri :D

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>