Kibune & Kurama

Kibune adalah kota kecil di tengah lembah berhutan yang terletak di daerah pegunungan sebelah utara kota Kyoto. Arti dari kata Kibune adalah kapal kuning, menurut legenda seorang dewi mengadakan perjalanan menggunakan kapal kuning dari Osaka menyusuri sungai sampai ke utara Kyoto, dan di tempat ia tiba didirikan sebuah kuil. Tempat ia tiba itulah yang menjadi kota Kibune sekarang ini. Kuil nya sendiri didedikasikan untuk dewa air dan hujan, yang dipercaya melindungi orang yang mengadakan perjalanan via laut. Di kuil ini terdapat cara unik pembacaan ramalan nasib, dimana kertas ramalan (omikuji) harus direndam dalam air baru terbaca tulisannya.

jalan menuju pusat kota Kibune

jalan menuju pusat kota Kibune

Kota Kibune sekarang ini banyak dipenuhi oleh ryokan dan restaurant yang mengapit jalan sempit yang sejajar dengan aliran sungai Kibune. Merupakan tempat favorit untuk liburan orang-orang Kyoto di musim panas, serta popular dikunjungi pula di musim gugur untuk melihat keindahan perubahan warna dedaunannya.

torii menuju kuil Kibune

torii menuju kuil Kibune

IMG_1619_resize

Kota Kibune yang saat ini penuh dengan restaurant, ryokan dan toko cendera mata

Kota Kibune yang saat ini penuh dengan restaurant, ryokan dan toko cendera mata

IMG_1626_resize

Dari Kibune ini terdapat hiking trail menuju Kurama-dera. Pengunjung harus membayar ¥.200 untuk memulai hiking trail ini, karena letaknya dekat dengan pintu masuk kuil, dari situ perjalanan mendaki sekitar 1 jam untuk mencapai bangunan utama di Kurama-dera, dan sekitar 30min untuk menuju kota Kurama di bawahnya.

hiking trail kibune - kurama

hiking trail kibune – kurama

IMG_1635_resize

IMG_1657_resize

IMG_1663_resize

kinone michi… atau jalur akar pohon… terkenal di Gn. Kurama…

IMG_1665_resize

akhirnyaa... kurama dera...

akhirnyaa… kurama dera…

tengu...

tengu…

IMG_1688_resize

uda males turunnya pakai kereta aja hihihihi

uda males turunnya pakai kereta aja hihihihi… ticket ¥.100

Gunung Kurama sendiri dipercaya sebagai tempat kediaman Sojobo, raja Tengu, yang dipercaya mengajarkan ilmu pedang pada Minamoto no Yoshitsune. Kurama juga tempat dimana diadakan pesta tahunan Festival Api Kurama (Kurama no Hi-matsuri) yang diadakan setiap tanggal 22 Oktober.

Gunung Kurama ini juga merupakan tempat lahir ilmu penyembuhan Reiki. Dikatakan di gunung ini pencipta Reiki, Mikao Usui, bermeditasi selama 21 hari di gunung ini (di awal tahun 1900an) dan menerima energi penyembuhan reiki.

sampai sekarang masih ada rombongan dari china (atau taiwan yaa) yang datang ke Gn. Kurama dan 'menyerap' energi pohon-pohon tua nya ... hmm mgkn untuk penyembuhan jg hihihih...

sampai sekarang masih ada rombongan dari china (atau taiwan yaa) yang datang ke Gn. Kurama dan ‘menyerap’ energi pohon-pohon tua nya … hmm mgkn untuk penyembuhan jg hihihih…

Di Kurama terdapat Kurama Onsen, ryokan yang terletak di puncak dari kota Kurama, bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 10min dari stasiun kereta. Untuk pengunjung yang bermalam di ryokan tersebut dapat menikmati sarana onsen dengan gratis, untuk yang hanya berkunjung harus membayar ¥.2,500 untuk penggunaan seluruh tempat mandi, atau ¥.1,100 untuk penggunaan rotemburo (outdoor bath) saja.

jizo nutu... aawww imuut...

jizo nutu… aawww imuut…

sandal kuno.... mgkn dulu yoshitsune pakai sendal beginian kali yaa tuk lari2 di mt kurama hiihihihihi

sandal kuno…. mgkn dulu yoshitsune pakai sendal beginian kali yaa tuk lari2 di mt kurama hiihihihihi

IMG_1713_resize

Untuk mencapai Kibune / Kurama, dari Stasiun Kyoto, gunakan kereta JR Nara line menuju stasiun Tofukuji (¥.140, 2min), kemudian ganti kereta Keihan menuju stasiun Demachi-Yanagi (¥.260, 10min); setibanya di Demachi-Yanagi station, pindah ke stasiun untuk kereta Eizan (letaknya di seberang stasiun Keihan), dengan kereta Eizan menuju Kibune atau Kurama (Kurama stasiun terakhir di line ini, Kibune 1 stasiun sebelumnya); perjalanan sekitar 30min, dengan kereta berangkat sekitar jeda 15-20min (¥.410 sekali jalan). Jika turun di Kibune, dari stasiun Kibune-guchi harus jalan kaki sekitar 30min untuk mencapai desa Kibune, atau dapat menggunakan Kyoto bus no. 33 (5min, ¥.160).

stasiun Kurama...

stasiun Kurama…

patung tengu besar yang menghias pelataran stasiun Kurama

patung tengu besar yang menghias pelataran stasiun Kurama

Pada periode puncak musim gugur, beberapa kereta dengan kursi khusus diatur untuk dapat menikmati indahnya warna warni dedaunan musim gugur, dan di beberapa tempat kereta akan melambat, memberi kesempatan pengunjung untuk menikmati indahnya musim gugur.

acar-acaran merupakan oleh-oleh khas dari daerah Kurama... banyak toko menjual berbagai jenis acar di jalan sekitar stasiun... selain juga pernak pernik bergambar tengu heheheh

acar-acaran merupakan oleh-oleh khas dari daerah Kurama… banyak toko menjual berbagai jenis acar di jalan sekitar stasiun… selain juga pernak pernik bergambar tengu heheheh

IMG_1715_resize

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>