Sapporo

Sapporo adalah ibukota dan kota terbesar Hokkaido. Kota ini terkenal di dunia sejak diadakannya olimpiade musim dingin pertama di kota ini tahun 1972, yang juga merupakan tempat diadakannya olimpiade musim dingin pertama di benua Asia.

Bandara terdekatnya New (Shin) Chitose airport, dapat dicapai dengan menggunakan kereta JR rapid train dengan waktu tempuh 35min, ¥.1,040. per sekali jalan, frekuensi keberangkatan 4 kereta dalam 1jam. Reservasi tempat duduk di kereta ini dapat dilakukan dengan membayar tambahan ¥.300. Kereta ini dicover oleh Japan rail pass dan Hokkaido rail pass. Atau dapat pula menggunakan bus bandara, yang berangkat setiap 15min, menghubungkan bandara dengan beberapa tempat di pusat kota Sapporo (seperto Susukino, Odori dan stasiun Sapporo), perjalanan sekali jalan biayanya ¥.1,000 dengan jarak tempuh 70-90min.

Sampai sekarang ini (dimulai sejak tahun 1950) setiap tahunnya di Sapporo diadakan Festival Salju yang dikenal dengan nama  Sapporo Yuki Matsuri, yang diadakan di awal Februari. Pada periode tersebut selama 1 minggu diadakan pameran hasil-hasil pahatan es yang beragam dan sangat indah. Periode ini juga merupakan salah satu periode teramai di Sapporo, dengan berdatangannya turis-turis asing untuk menikmati festival tersebut.

Terdapat 3 tempat festival, yang terbesar adalah di Odori, kemudian 2 tempat lagi: Susukino dan Tsu Dome.

yuki matsuri 2012 di Odori park

yuki matsuri 2012 di Odori park

 

yeay... ada rilakuma unyuu.. hihihi

yeay… ada rilakuma unyuu.. hihihi

IMG_3730_resize

IMG_3695_resize_resize

Taman Odori yang menjadi tempat pameran tersebut berada di tengah kota Sapporo, pengunjung dapat berjalan kaki (10min) dari stasiun JR Sapporo ke taman Odori tersebut. Di taman Odori ini juga terdapat menara televisi Sapporo.

Stasiun Susukino hanya 1 stop dari Odori (2stop dari Sapporo) dengan subway jalur Nanboku.

Sedangkan Tsu dome letaknya agak di luar kota, dapat di capai dengan menggunakan subway jalur Toho dari Sapporo (10min perjalanan, ¥240.-), berhenti di Sakaemachi (stasiun terakhir jalur Toho), kemudian dari situ menggunakan shuttle bus langsung menuju Tsu Dome (bus sekali jalan ¥.100, berangkat setiap 5-10min). Atau dapat juga menggunakan shuttle bus langsung dari Odori dan stasiun Sapporo (¥.200 sekali jalan, dengan interfal keberangkatan setiap 15-30min)

Selain festival saljunya, Sapporo juga terkenal dengan produksi bir, dan kunjungan ke kota ini belum lengkap jika belum mengunjungi Beer Museum nya. Hokkaido adalah tempat lahirnya bir di Jepang. Bir Sapporo merupakan salah satu produk bir tertua serta paling populer di negara ini. Pembuatan bir di Sapporo telah dimulai sejak tahun 1877, dan saat ini di export ke berbagai belahan dunia. Museum Bir Sapporo ini didirikan tahun 1987 di tempat yang dulu nya merupakan tempat pembuatan bir dari era Meiji.

Beer Museum Sapporo

Beer Museum Sapporo

display penggambaran proses pembuatan bir dari penelitian sampai pengiriman ke luar Sapporo... unyuuu hihihi...

display penggambaran proses pembuatan bir dari penelitian sampai pengiriman ke luar Sapporo… unyuuu hihihi…

Sapporo beer

Sapporo beer

Di akhir kunjungan Beer Museum terdapat cafe tempat pengunjung dapat mencicipi beer Saporo ini dengan harga murah.

Beer Museum ini dapat dicapai dengan menggunakan bus ‘loop 88 factory line’ dari stasiun Odori atau dari depan Seibu dept store dekat stasiun Sapporo (¥.200. sekali jalan, keberangkatan setiap 20min). Alternatif lain, dengan berjalan kaki 25-30min dari stasiun Sapporo.

Sapporo juga terkenal dengan ‘Shiroi Koibito‘ nya yang berarti white lover, ini merupakan cemilan berupa biskuit putih berlapis yang dipanggang sampai tepinya bewarna keemasan, dan didalamnya diberi coklat putih. Biskuit ini sangat terkenal sebagai oleh-oleh dari Sapporo. Dan pabrik pembuatan nya sekarang ini menjadi salah satu tujuan wisata di Sapporo.

shiroi koibito, dengan kemasan nya...

shiroi koibito, dengan kemasan nya…

Selain pembuatan shiroi koibito, di sini juga dipamerkan dan dijual kerajinan dari sugar clay/fondant dengan bentuk yang lucu dan cantik.

kerajinan sugar clay / fondant yang nutu...

kerajinan sugar clay / fondant yang nutu…

shiroi koibito park

shiroi koibito park

Untuk mencapai pabrik ini, dari stasiun Odori ambil subway jalur Tozai menuju stasiun terakhir Miyanosawa (15min, ¥.280), dari situ jalan kaki sekitar 10min untuk tiba di tempat ini. (biaya masuk: ¥.600).

Tempat lain yang dapat dikunjungi di Sapporo adalah Menara Jam Sapporo (Tokeidai) yang merupakan landmark kota ini. Letaknya hanya 1 blok dari taman Odori. (biaya masuk ke menaranya ¥.200)

Sapporo Tokeidai

Sapporo Tokeidai

Di samping itu pengunjung kota ini juga dapat melihat bekas kantor pemerintahan wilayah Hokkaido. Letaknya di antara stasiun Sapporo dan Odori. Bangunannya yang terbuat dari bata merah dengan arsitektur yang indah, merupakan salah satu tempat favorit untuk dikunjungi turis.

IMG_7663_resize

 Untuk para pencinta seafood, jangan lupakan untuk singgah di Nijo Market. Merupakan pasar umum yang berada di tengah kota, dipenuhi dengan banyak toko yang menjual produk lokal serta hasil laut segar dengan harga murah. Pasar ini buka dari pk. 07.00 sampai pk. 18.00 setiap hari. Beberapa toko menyediakan meja kursi sederhana untuk menikmati hidangan laut segar. Terdapat pula beberapa restaurant.

kompleks Nijo market

kompleks Nijo market

ouu love this restaurant... orang nya ramah-ramah, harga reasonable, sering kasih icip2an pula heheheh... recommended deh...

ouu love this restaurant… orang nya ramah-ramah, harga reasonable, sering kasih icip2an pula heheheh… recommended deh…

oyster panggang, hotate soyu butter, hairy crab soup... februari adalah musim nya oyster.. juga awal musim hairy crab Jepun yang yummie... selain hairy crab ada pula hana crab yang daging nya pun manis... sayang belum berkesempatan menikmati hana crab sampai puas, karena hasil seminggu itu sudah di book oleh penduduk lokal...

oyster panggang, hotate soyu butter, hairy crab soup… februari adalah musim nya oyster.. juga awal musim hairy crab Jepun yang yummie… selain hairy crab ada pula hana crab yang daging nya pun manis… sayang belum berkesempatan menikmati hana crab sampai puas, karena hasil seminggu itu sudah di book oleh penduduk lokal…

 

uni... alias bulu babi... langsung di cangkangnya... hihhihi so cute...

uni… alias bulu babi… langsung di cangkangnya… hihhihi so cute…

    hairy crab rebus... slurrpp

hairy crab rebus… slurrpp

Nijo market terletak 3 blok di selatan menara televisi di taman Odori, dapat ditempuh dalam waktu 5min.

Fufufu… di samping seafood, terdapat pula cemilan lucu khas Hokkaido… dan akhirnya berkesempatan pula mencicipi sakura mochi … sluurrpp…

cheese daifuku ... alias mochi keju ukuran besar... mochi ini enak banget... tidak terlalu manis... asin dan gurih.. slurrp...

cheese daifuku … alias mochi keju ukuran besar… mochi ini enak banget… tidak manis… asin dan gurih.. slurrp…

ichigo daifuku... serta sakuramochi yang biasanya dinikmati pada perayaan girl's day Hinamatsuri, tanggal 3 maret...

ichigo daifuku… serta sakuramochi yang biasanya dinikmati pada perayaan girl’s day Hinamatsuri, tanggal 3 maret…

Untuk orientasi seputar kota Sapporo, terdapat beberapa pass yang dapat digunakan:

  • Subway 1 day card (¥.800) – dapat digunakan untuk ke 3 jalur subway dalam 1 hari pemakaian.
  • Donichi subway ticket (¥.500) – sama dengan 1 day card, hanya saja ini berlaku khusus weekend dan hari libur.
  • Kombinasi 1 day pass (¥.1,000) – pemakaian 1 hari semua jalur subway, tram, dan bus (JR Hokkaido bus, Hokkaido Chuo bus, Jotetsu bus)
  • Sapporo Otaru welcome pass (¥.1,500) – pass khusus turis asing untuk pemakaian semua jalur subway di Sapporo, serta pemakaian kereta JR antara Sapporo dan kota Otaru dalam 1 hari. Pass ini hanya dapat dibeli di counter JR di stasiun Sapporo atau di Shin Chitose airport. (ticket Sapporo – Otaru pp pada kereta regular harganya ¥.1,240. jadi jika memang berniat untuk mengunjungi Otaru, lebih baik beli welcome pass ini).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>