Otaru

Otaru adalah kota pelabuhan kecil di sebelah Barat Laut Sapporo. Dengan kereta dari Sapporo membutuhkan waktu hanya 30-45min untuk mencapai kota ini. Kota ini menghadap Teluk Ishikari, dan telah lama menjadi pelabuhan utama teluk ini. Dengan bagunan-bangunan bersejarahnya, kota ini menjadi salah satu kota wisata terkenal di Hokkaido. Terlebih lagi karena letaknya yang dekat dengan Sapporo.

Sejak akhir tahun 1800 sewaktu jaman kolonial Hokkaido, Otaru telah menjadi tempat perdagangan utama dan pelabuhan perikanan. Saat ini banyak bangunan bekas gudang, kantor perikanan dan kantor perdagangan yang dilestarikan di daerah sekitar kanal Otaru, menjadi salah satu atraksi kota ini.

Salah satu atraksi kota ini adalah Music Box Museum.. menampilkan berbagai jenis music box yang lucu dan unik... terdapat pula toko souvenir untuk yang berminat membeli music box ini...

Salah satu atraksi kota ini adalah Music Box Museum.. menampilkan berbagai jenis music box yang lucu dan unik… terdapat pula toko souvenir untuk yang berminat membeli music box ini…

IMG_3854_resize_resize

banyak juga music box dengan bentuk boneka eropa yang imut... yang ini sudah berumur 100 tahun... hihihihih

banyak juga music box dengan bentuk boneka eropa yang imut… yang ini sudah berumur 100 tahun… hihihihih

Pada musim dingin setiap bulan Februari diadakan Otaru Snow lIght Path Festival (Otaru Yuki Akari no Michi). DImana kota ini akan dihiasi oleh patung-patung kecil dari salju dan es, dan setelah matahari terbenam lampu dan lilin yang telah disediakan akan dihidupkan memberikan nuansa yang sangat indah (biasa dimulai pk. 17.00 berakhir pk. 21.00). Festival ini berlangsung selama 10hari dan biasanya dipilih tanggal yang sama dengan festival salju di Sapporo supaya turis berkesempatan untuk menikmati ke 2 festival ini bersamaan.

2 tempat utama diadakan nya festival ini adalah daerah Unga Kaijo dan Temiyasen Kaijo. Dan di antara 2 daerah ini, banyak penduduk dan pemilik toko yang berpartisipasi dengan meletakkan hiasan-hiasan es dan lentera di depan rumah/toko mereka, sehingga untuk menikmati festival di ke 2 tempat ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki di antara ke 2 daerah itu.

Area Unga Kaijo merupakan tempat utama penyelenggaraan Festival ini, letaknya 300 m dari Kanal Otaru. Dan hiasan-hiasan itu sudah dapat mulai dinikmati dari tepi kanal.  Sedangkan Temiyasen Kaijo berada diantara Unga Kaijo dengan stasiun Otaru.

hiasan-hiasan lucu kota ini... dalam musim dingin...

hiasan-hiasan lucu kota ini… dalam musim dingin…

IMG_3905_resize_resize

IMG_3925_resize_resize

lovely snowman... hohohoho

lovely snowman… hohohoho

Kanal Otaru menjelang malam...

Kanal Otaru menjelang malam…

dan... dimulai lah... Otaru Yuki Akari no Michi...

dan… dimulai lah… Otaru Yuki Akari no Michi…

IMG_3965_resize_resize

IMG_3976_resize_resize

IMG_3980_resize_resize

IMG_4013_resize_resize

hisan dengan menggunakan daun dan bunga yang di bekukan di dalam gumpalan salju yang dibentuk / es ...

hisan dengan menggunakan daun dan bunga yang di bekukan di dalam gumpalan salju yang dibentuk / es …

IMG_4038_resize_resize

IMG_4041_resize_resize

 Banyak kereta menghubungkan Sapporo dengan Otaru, melalui jalur utama kereta JR Hakodate. Biaya satu kali jalan antara Sapporo – Otaru ¥.620 dengan rapid train (30min) atau local train (45min). Atau dapat juga menggunakan Sapporo Otaru Welcome Pass (¥.1,500 ticket pp Sapporo – Otaru dan penggunaan 1 hari subway di Sapporo).

Otaru adalah kota kecil. Untuk orientasi seputar kota dapat dilakukan dengan berjalan kaki. Terdapat 2 stasiun pemberhentian di kota ini, stasiun utamanya adalah Otaru, satu lagi adalah Minami Otaru (1 stasiun sebelum Otaru dalam perjalanan dari Sapporo). Stasiun Minami Otaru dapat dicapai hanya 5min dengan berjalan kaki dari Music Box Museum. Lebih disarankan untuk berhenti di salah satu stasiun, kemudian berjalan menikmati kota, dan kembali mengambil kereta dari stasiun lain nya (contoh: berhenti dari Minami Otaru, jalan kaki menyusuri kota – Music box Museum – Venetian Art Museum n glass workshop – Bank of Japan Museum – Otaru Canal – Railway Museum – lanjut berjalan sampai stasiun Otaru untuk kereta kembali ke Sapporo).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>