Asahikawa

Terletak di tengah pulau Hokkaido, Asahikawa adalah kota terbesar ke 2 di Hokkaido setelah Sapporo. Kota ini tidak dikenal sebagai kota tujuan pariwisata, tetapi mempunyai kebun binatang Asahiyama yang merupakan salah satu kebun binatang terbaik dan terpopuler di seluruh Jepang.

Selain kebun binatang Asahiyama, kota ini juga terdapat festival musim dingin (Asahikawa Fuyu Matsuri) yang merupakan festival ke 2 terbesar setelah festival salju di Sapporo. Festival ini berlangsung selama seminggu di awal bulan Februari, pada saat yang hampir bersamaan dengan Sapporo snow festival.

Walaupun masih kalah besar dengan festival salju Sapporo, patung-patung dalam festival di Asahikawa tercatat lebih besar, bahkan di tahun 1994, patung besar es menggambarkan benteng Korea telah tercatat di guinness world record sebagai konstruksi es terbesar yang pernah dibuat. Patung-patung raksasa salju yang dibuat ini terletak di area Asahibashi, salah satu tempat festival. Letaknya dekat jembatan Asahibashi. Area festival ini juga dilengkapi dengan arena permainan musim dingin dan bar es. Area Asahibashi juga merupakan tempat seremoni pembukaan dan penutupan festival, yang biasanya diramaikan dengan kembang api.

Tempat festival ke 2 adalah di Heiwa Dori, letaknya di tengah kota sekitar 1km dari stasiun Asahikawa. Di sini biasanya diletakkan sekitar 50 patung es yang akan diperlombakan. Dari akhir pameran di Heiwa Dori, pengunjung dapat berjalan sekitar 10-15min untuk mencapai area Asahibashi. Atau dapat juga menggunakan free shuttle bus yang berangkat setiap 20min antara stasiun Asahikawa dan area Asahibashi selama berlangsungnya festival.

heiwa dori

heiwa dori

patung es yang diperlombakan...

patung es yang diperlombakan…

IMG_4186_resize_resize

IMG_4187_resize_resize

IMG_4194_resize_resize

selain patung es terdapat pula snowman2 kecil yg nut2... hihihihi

selain patung es terdapat pula snowman2 kecil yg nut2… hihihihi

Dari stasiun Asahikawa, menggunakan bus no. 41, 42 atau 47 bisa mencapai kebun binatang Asahiyama. Perjalanan selama 40 min dengan ticket ¥.400, frekwensi keberangkatan 2x dalam 1 jam.

Alternatif lain, pada musim panas dari Juli – September terdapat bus Fun Fun, yang menghubungkan stasiun Asahikawa dengan berbagai atraksi turis di kota ini, termasuk kebun binatang Asahiyama. Bus ini mencapai kebun binatang dalam waktu 55min. Terdapat pass 2 hari untuk pulang pergi dengan harga ¥.1,000; atau 2 hari pass + ticket masuk kebun binatang seharga ¥.1,600 (biaya tiket masuk Asahiyama zoo ¥.800).

Kebun binatang Asahiyama ini menarik karena bisa melihat binatang-binatang nya dalam berbagai sudut pandang unik. Termasuk lorong kaca yg melintasi kolam pinguin dimana pengunjung bisa melihat para pinguin berenang; kubah kaca di tengah kandang beruang kutub dah serigala, yang dapat memberikan nuansa pengunjung berada dekat langsung dengan binatang-binatang itu. Kebun binatang ini juga yang pertama yang mengatur parade pingguin di musim dingin. Hewan yang ditampilkan di sini termasuk hewan liar dari Hokkaido, termasuk rusa, rajawali, bangau dan serigala; disamping hewan-hewan lainnya dari luar seperti beruang kutub, kera, kucing besar, jerapah, dll. Sebaiknya kunjungan dilakukan pada hari kerja, karena pada hari libur serta sabtu minggu, tempat ini sangat padat.

IMG_4229_resize_resize

IMG_4222_resize_resize

IMG_4247_resize_resize

parade pinguin yang selalu diadakan dalam musim dingin...

parade pinguin yang selalu diadakan dalam musim dingin…

Makanan yang terkenal dari Asahikawa adalah ramen ala Asahikawa, dimana kuah ramen nya ditambahkan shoyu, dengan kuah yang lebih berminyak daripada kuah ramen biasanya. Ramen ini dapat mudah ditemukan di setiap sudut kota.

Selain itu, terdapat produk ayam asap Gotoh yang dapat ditemukan di stasiun Asahikawa ataupun di pintu masuk sebelah timur Asahiyama zoo.

telur asap gotoh...

telur asap gotoh…

daging dan hati ayam asap nyaaam...

daging dan hati ayam asap nyaaam…

Untuk mencapai Asahikawa, dapat menggunakan kereta limited express dari Sapporo yang berangkat setiap 30min. Perjalanan memakan waktu 80min, dengan biaya sekali jalan ¥.4,500 (sudah tercover untuk pemegang Japan Rail pass dan Hokkaido rail pass). Dengan kereta lokal perjalanan ditempuh dalam waktu 2 jam 40min, dengan biaya ticket ¥.2,400 sekali jalan.

Atau dapat pula menggunakan bus (Hokkaido Chuo bus, JR Hokkaido bus atau Dohoku bus) menghubungkan Sapporo (bus terminal stasiun Sapporo atau terminal bus chuo) dengan Asahikawa setiap 20-30min. Perjalanan memakan waktu 2 jam dengan ticket sekali jalan ¥.2,000 dan ticket pp ¥.3,750.

Asahikawa dapat dijalani sebagai 1 hari day trip dari Furano, dengan menggunakan kereta JR dengan waktu tempuh 70min. Ticket sekali jalan ¥.1,060 dan ticket pp ¥.1,800.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>