Turku

Turku (yang dalam bahasa Swedia disebut ‘Abo’) merupakan kota di pantai barat daya Finlandia, di muara Sungai Aura. Kata Turku berasal dari bahasa Slavik timur kuno ‘turgu’ yang berarti pasar. Sementara nama Swedianya Abo berarti rumah di tepi sungai. Turku sebagai kota, mulai didiami sejak abad ke 13, menjadikannya kota tertua di Finlandia. Dengan cepat berkembang menjadi kota terpenting di Finlandia. Selama abad pertengahan, Turku merupakan pusat dari keuskupan Turku, dengan daerah meliputi bagian timur dari kerajaan Swedia (saat ini semua area nya masuk dalam negara Finlandia), sampai dengan abad 17. Walaupun Turku tidak secara resmi dikatakan sebagai ibukota, tetapi para bangsawan dan gubernur jendral Finlandia tinggal di sini.

Setelah Finlandia menjadi bagian dari kekaisaran Rusia di tahun 1809, sesuai dengan perjanjian Fredrikshamn, Turku resmi menjadi ibukota negara Finlandia. Tetapi segera kehilangan status ibukotanya, ketika Kaisar Alexander I Rusia merasa bahwa Turku terlalu jauh dari Russia, dan akhirnya memindahkan ibukota ke Helsinki di tahun 1812. Kantor-kantor pemerintahan yang tetap berada di Turku, akhirnya dipindahkan juga ke ibukota baru, setelah Turku dilanda kebakaran besar yang hampir menghancurkan seluruh kota di tahun 1827. Setelah kebakaran itu, tata kota yang baru di gambar oleh arsitek kebangsaan Jerman Carl Ludvig Engel (yang juga mendesain kota Helsinki). Turku tetap menjadi kota terbesar di Finlandia sampai 20 tahun setelahnya.

Karena sejarahnya yang panjang dan telah menjadi tempat terjadinya banyak kejadian penting dalam sejarah Finlandia, Turku bersama dengan Tallinn ibukota Estonia, dijadikan sebagai Ibukota budaya untuk Eropa di tahun 2011.

Saat ini Turku merupakan kota ke 6 terbesar di Finlandia, dan merupakan kota pelabuhan laut terpenting untuk komersial dan turis, tercatan setiap tahunnya lebih dari 3 juta orang bepergian melalui pelabuhan Turku untuk menuju Stockholm dan Mariehamn.

Turku di tepi sungai Aura... dengan latar belakang menara Katedral Turku

Turku di tepi sungai Aura… dengan latar belakang menara Katedral Turku

061120123653_resize

Katedral Turku

Katedral Turku

Katedral Turku, yang dalam bahasa Finlandia nya disebut Turun tuomiokirkko, dan bahasa Swedianya Åbo domkyrka, merupakan induk gereja evangelical Lutheran di Finlandia. Merupakan tempat paling religius di Finland. Katedral ini dibangun pertama kali di tahun 1300 didedikasikan untuk Bunda Maria, dan uskup pertama di Finlandia, St. Henry. Keseluruhan bangunan awal katedral ini terbuat dari kayu. Diperbesar pada abad 14 dan 15, dengan menggunakan material batu. Katedral ini rusak parah oleh kebakaran besar di tahun 1827, dan kemudian dibangun kembali dengan bentuk nya seperti sekarang.

patung dibangun untuk mengenang 200 tahun perpindahan ibukota dari Turku ke Helsinki... menggambarkan perjanjian antara Kaisar Alexander I Russia dengan Putra Mahkota Swedia Karl Johan di tahun 1812.

patung dibangun untuk mengenang 200 tahun perpindahan ibukota dari Turku ke Helsinki… menggambarkan perjanjian antara Kaisar Alexander I Russia dengan Putra Mahkota Swedia Karl Johan di tahun 1812.

Turku bibliotheque

Turku bibliotheque

IMG_8303_resize

IMG_8362_resize

IMG_8363_resize

market square

market hall Turku

Untuk mencapai Turku, terdapat kereta dari Helsinki, dengan harga normal untuk gerbong kelas 2 sekali jalan €.32.2 dengan lama perjalanan 2 jam, belum termasuk reservasi kursi. Beberapa periode tertentu terdapat ticket yang lebih murah (biasa sekitar €.23 per sekali jalan, bahkan kalau last minute bisa mendapat harga sangat murah seperti €.5-10 per sekali jalan). Untuk jadwal dan harga ticket bisa dilihat di sini. Atau di web resmi Finland train. Perlu diperhatikan, sebagian besar kereta akan berhenti di perhentian terakhir pelabuhan Turku. Jangan lupa untuk turun di 1 stasiun sebelum perhentian terkahir.

Terdapat pula bus yang menghubungkan antara Helsinki dengan Turku. Dengan lama perjalanan 2 setengah jam sampai 3 jam. Harga ticket sekali jalan berkisar €.29.5 tetapi dengan banyaknya penawaran khusus ticket kereta, terkadang lebih murah jika menggunakan kereta.

Kota Turku relatif kecil, dapat dikelilingi dengan berjalan kaki. Jarak dari stasiun kereta sampai dengan tepi sungai Aura hanya sekitar 15-20min jalan kaki. Hampir semua tempat kunjungan berada tak jauh dari tepi sungai Aura. Hanya Turku Castle yang berada agak sebelah barat pusat kota, lebih dekat ke pelabuhan Turku, untuk mencapainya perlu menggunakan bus.

Turku merupakan pusat nya Hesburger (biasa disebut Hese di Finland), yang saat ini merupakan chain restaurant hamburger terbesar di Finlandia. Hesburger didirikan tahun 1980 oleh Heikki Salmela. Saat ini sudah mempunyai 200 restaurant di 60 kota di Helsinki, juga sudah memperluas jangkauannya ke beberapa negara tetangga (Estonia, Latvia, Rusia, Jerman, Lithuania dan Ukraina). Jadi bolehlah mencicipi ‘hese’ ini ketika mampir di Turku ;)

071120123681_resize_resize

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>