Lucerne

Letak kota ini di tengah Swiss bagian utara, di bagian negara yang berbahasa Jerman. Berada di tepi Danau Lucerne (der Vierwaldstattersee), kota ini termasuk salah satu kota indah di dunia dengan berlatar belakang puncak Pilatus dan Rigi di pegunungan Alpine Swiss.

IMG_7129_resize

IMG_7132_resize

Pariwisata di Lucerne sudah dimulai sejak pertengahan abad ke 19, salah satu turis yang terpesona dengan keindahan Lucerne adalah Mark Twain. Dalam catatan perjalanannya dia menuliskan pada saat itu sudah terdapat bisnis cendera mata berupa pahatan kayu dan gading serta gambar pemandangan alam Lucerne.

Salah satu obyek pariwisata yang paling terkenal di Lucerne adalah Chapel Bridge (Kapellbrucke). Terbuat dari kayu, sepanjang 204m, jembatan ini merupakan jembatan tertutup dari kayu tertua di Eropa, dibangun di abad ke 14 (1333) sebagai pelindung kota. Jika kita berjalan di jembatan ini kita dapat melihat 47 lukisan (17 diantaranya sebagian terbakar) dari abad ke 17 di bagian atas dari jembatan ini, menggambarkan kehidupan kota dan sejarah Swiss. Jembatan ini pernah terbakar di bulan Agustus 1993, dan perlu di bangun kembali dalam beberapa bulan. Kebakaran tersebut menghancurkan banyak lukisan yang berada di bagian atapnya. Sebelum kebakaran itu masih terdapat 147 lukisan dari total 158 lukisan yang ada di sini.

IMG_7144_resize

Merupakan bagian dari Kapellbrucke, terdapat bangunan menara air (wasserturm) berbentuk octagonal dengan tinggi 43m. Aslinya ini bukan menara untuk menyimpan air, namanya menggambarkan menara yang berdiri di atas air. Menara ini dibangun sekitar 30tahun lebih awal dari pada jembatannya. Dan berfungsi sebagai, penjara, ruang penyiksaan, dan kemudian tempat penyimpanan arsip kota. Sekarang menara ini tutup untuk kunjungan publik.

wasserturm di tengah-tengah chapel bridge

wasserturm di tengah-tengah chapel bridge

IMG_7140_resizeLion Monument, merupakan pahatan singa terluka yang didesain oleh Bertel Thorvaldsen dan dipahat antara tahun 1820-21 oleh Lukas Ahorn. Monumen singa ini dibangun untuk mengenang lebih dari 600 Swiss Guards yang terbunuh dalam pembantaian tahun 1792 sewaktu terjadi Revolusi Perancis, ketika para revolusioner menyerbu Istana Tuileries di Paris, serta lebih dari 200 lainnya meninggal dalam penjara setelah peristiwa itu. Para tentara Swiss ini sejak awal abad ke 17 telah melayani penjagaan keluarga kerajaan Perancis. Tertera tulisan ‘Helvetiorum Fidei ac Virtuti’ yang berarti, untuk kesetiaan dan keberanian Swiss. Monumen ini menggambarkan singa yang sekarat dengan tusukan tombak menutupi perisai bergambar fleur-de-lis (bunga lily) lambing monarki Perancis, dan disebelahnya terdapat perisai lainnya bergambar lambang Swiss. Di bawah monument singa ini dipahat daftar nama para officer dan perkiraan jumlah tentara yang tewas (760) dan selamat (350) dalam angka romawi.

IMG_7198_resize

berada 1 kompleks dengan Lion Monument terdapat taman gletser yang ditemukan tahun 1872

berada 1 kompleks dengan Lion Monument terdapat taman gletser yang ditemukan tahun 1872

Pusat kota Lucerne terdiri dari toko-toko (terutama toko pakaian), juga cendera mata, serta terdapat dealer jam tangan bermerk terkenal dan perhiasan, Bucherer, yang letaknya tidak jauh dari Chapel Bridge.

IMG_7162_resize

boneka (mirip) pinocchio di salah satu toko cendera mata

IMG_7168_resize

IMG_7164_resize

IMG_7185_resize

Stasiun kereta Lucerne yang menghubungkan Lucerne dengan berbagai kota di Swiss letaknya sangat dekat dengan Chapel Bridge tepat di tepi danau Lucerne. Untuk jadwal kereta dan biaya ticket menuju dan dari Lucerne dapat dilihat di situs kereta Swiss.

Mayoritas tempat-tempat kunjungan dapat dikunjungi dengan berjalan kaki. Transportasi lainnya adalah menggunakan bus. Selain orientasi dalam kota Lucerne, dari sini pengunjung dapat pula mencoba untuk mengunjungi puncak salah satu gunung yang tak jauh dari Lucerne seperti Mt. Pilatus, Mt. Rigi atau Mt. Titlis; dengan menggunakan kereta.

IMG_7126_resize

Bagi penggemar coklat, jangan lupa untuk mencicipi coklat dengan beberapa rasa unik yang memberikan sensasi tersendiri di dalam mulut anda… hohohoho

coklat lindt rasa wasabi, cabai merah dan butiran garam... menurut penulis semuanya enaaaak... hehehehhe

coklat lindt rasa wasabi, cabai merah dan butiran garam… menurut penulis semuanya enaaaak… hehehehhe

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>