Venice

Venesia terletak di sebelah timur laut Italia. Kota ini terdiri dari 118 pulau kecil dan terlihat seperti mengapung di permukaan air laguna. Ke 118 pulau ini dipisahkan oleh kanal-kanal dan dihubungkan dengan jembatan-jembatan. Kota ini dikenal dengan julukan nya yang beragam, antara lain: ‘ratu dari Adriatic’, ‘kota air’, ‘kota topeng’, ‘kota terapung’, ‘kota kanal’, ‘la dominante’, ‘serenissima’. Dan sering disebut sebagai kota Eropa yang paling romantis.

church of the scalzi tak jauh dari stasiun st. lucia

church of the scalzi tak jauh dari stasiun st. lucia

venesia di pagi hari...

venesia di pagi hari…

Walaupun tidak terdapat data akurat tentang penduduk awal kota ini, dipercaya Venesia mulai berkembang sejak abad 5, ketika untuk menghindari serbuan orang barbar (jerman dan hun), orang-orang dari kota-kota Romawi yang berada di dekat laguna ini, menemukan tempat pelarian di pulau-pulau Torcello, Iesolo dan Malamocco di laguna Venesia. Pemukiman sementara ini perlahan-lahan berkembang menjadi permanent, dan tempat para pengungsi yang terdiri dari petani dan nelayan ini berkembang menjadi salah satu kekuatan maritime di daerah itu. Pulau kecil Rialto akhirnya dipilih menjadi pusat dari kota baru mereka.

IMG_6723_resize

Akhir abad ke 7 mulai dipimpin oleh seorang Doge (pemimpin para tentara) yang merupakan dialek Venesia untuk Duke. Tahun 828, kota ini mendapatkan prestise baru, dengan klaim didapatkannya relikwi dari St. Markus penginjil dari Alexandria, yang diletakkan di basilica yang baru dibangun. Kursi patriark pun pindah ke Rialto. Dari abad ke 9 sampai 12, Venesia berkembang menjadi salah satu dari 4 kekuatan maritime bersama Genoa, Pisa dan Amalfi.

marka-marka jalan yang membuat pejalan kaki tidak tersesat heheheh

marka-marka jalan yang membuat pejalan kaki tidak tersesat heheheh

kanal-kanal kota ini...

kanal-kanal kota ini…

IMG_6734_resize

IMG_6753_resize

Tahun 1204 Venesia ikut serta dalam perang salib untuk merebut Konstantinopel. Banyak jarahan dari perebutan itu dibawa ke Venesia, termasuk kuda perunggu dari Hippodrome Konstantinopel yang sekarang ini disimpan di dalam Basilika St. Markus.

jembatan rialto

jembatan rialto

IMG_6766_resize

basilika st. marco... menyimpan relic dari st. mark evangelist...

basilika st. marco… menyimpan relic dari st. mark evangelist…

IMG_6792_resize

IMG_6793_resize

Kemunduran Venesia dimulai di abad ke 15, ketika terjadi perang dengan dinasti Utsman. Dilanjutkan dengan munculnya wabah black death ke 2 dan ke 3 yang melanda Venesia abad ke 16 dan 17. Tahun 1797, kota ini dikuasai oleh Napoleon, dan dengan cepat beralih dikuasai Austria. Dan tahun 1866, menjadi bagian dari kerajaan Italia.

lapangan san marco... atraksi wisata utama venesia...

lapangan san marco… atraksi wisata utama venesia…

memberi makan burung merpati yang banyak beterbangan di lapangan san marco merupakan salah satu kegiatan yang dapat dinikmati di venesia...

memberi makan burung merpati yang banyak beterbangan di lapangan san marco merupakan salah satu kegiatan yang dapat dinikmati di venesia… jadi jangan lupakan untuk membawa biskuit atau roti yaa.. hehehhehe

Sampai saat ini Venesia selalu mengalami banjir yang disebut oleh orang local ‘aqua alta’. Ketinggian air laguna seringkali naik dan menutupi jalan-jalan, lapangan dan bangunan-bangunannya. Ini terjadi berulang kali dalam bulan-bulan musim dingin. Biasanya berlangsung selama beberapa jam, terkadang disertai gelombang besar. Ketika banjir mulai melanda, akan terdengar suara sirene untuk memperingatkan warga. Pengunjung bisa mendapatkan peta aqua alta di tourist office dekat stasiun kereta ataupun di lapangan St. Mark, yang akan menunjukkan tempat yang lebih tinggi dan rute yang lebih jarang terendam.

Festival topeng di Venesia sudah dimulai sejak tahun 1162, merupakan salah satu festival tertua dan terpopuler di Italia. Sekarang ini festival ini berlangsung selama 2 minggu, dan berakhir di hari mardigras / fat tuesday, satu hari sebelum rabu abu. Selama 2 minggu itu di Venice Island banyak diselenggarakan dansa dan pertunjukan musik.

IMG_6754_resize

topeng-topeng berornamen yang indah ini menjadi salah satu cendera mata khas Venesia..

Karena letaknya di pantai, di sini banyak tersedia makanan laut. Yang dapat dicoba pasta dengan tinta cumi hitam nya… saus nya slurrpieeh sekali lho.. heheheh

cumi-cumi lengkap dengan saus tinta cumi nya... sooo yumiiieeeeh....

cumi-cumi lengkap dengan saus tinta cumi nya… sooo yumiiieeeeh….

Bagi para penggemar makanan manis, terdapat banyak toko yang menjual meringue yang sangat besar… puas deh pastinya… :D

toko yang menjual meringue ukuran jumbo... yaix manisnya pasti amit2 deh... yuckz

toko yang menjual meringue ukuran jumbo… yaix manisnya pasti amit2 deh… yuckz

Untuk gelatonya… terdapat rasa yang so far baru nemu di venice… gelato rasa licorizia… enaaaaak buangeeed… kudu nyoba prenz… hahahha

gelatoooo yeaaay.... yg di sebelah kanan bagian atas yang coklat itu rasa licoriziaaa.... muantaaaap...

gelatoooo yeaaay…. yg di sebelah kanan bagian atas yang coklat itu rasa licoriziaaa…. muantaaaap…

Untuk mencapai Venesia, bisa menggunakan bus ataupun kereta. Juga terdapat Italian pass, baik untuk bus ataupun kereta yang mungkin akan lebih menghemat biaya. Terdapat pula kereta overnite, dari Roma dan beberapa tempat di Italia, dengan berangkat malam hari tiba pagi hari akan menghemat biaya akomodasi juga.

Yang perlu diperhatikan adalah Venesia mempunyai 2 wilayah, wilayah yang berada di daratan Italia, dan yang berada di laguna. Stasiun kereta yang berada di wilayah daratan bernama Venice Mestre, adalah 1 stasiun sebelum stasiun di Venice island yang bernama Santa Lucia. Untuk bus, biasanya bus-bus antar kota berakhir di stasiun yang terletak di Piazza Roma yang berada di Venice Island, letaknya tidak jauh dari stasiun St. Lucia. Akomodasi juga perlu diperhatikan letak pastinya.

Dari Mestre untuk mencapai Venice Island, dapat menggunakan bus, yang akan tiba di Piazzale Roma. Tiket nya €.2.50 untuk perjalanan pp, ticket harus dibeli di kios ticket atau mesin penjual otomatis, juga tersedia di kios koran dan rokok.

vaporetto dan tempat perhentiannya

vaporetto dan tempat perhentiannya

Di dalam Venice island tidak terdapat kendaraan, orientasi seputar Venice island dapat dilakukan dengan berjalan kaki, atau menggunakan bus air (vaporetto) yang berhenti di beberapa pemberhentian, dan berkeliling Venice island. Biaya, ticket pass, jadwal dan peta perhentian dapat dilihat disini. Tetapi lebih disarankan untuk menikmati Venesia dengan berjalan kaki melintasi jalan dan kanal-kanalnya :D

singa bersayap.. lambang st. mark evangelist.. yang juga santo pelindung kota ini

singa bersayap.. lambang st. mark evangelist.. yang juga santo pelindung kota ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>