Makanan dan Minuman di Roma

Makanan tradisional Roma (traditionale cucina romanesca) selalu berhubungan dengan produk segar musiman yang dihasilkan di daerah pedesaan yang dibawa ke pasar local di kota. Seperti beragam jenis jamur di musim gugur; artichoke di musim semi; serta bentuk misticanza yang berupa campuran beragam sayuran segar dalam bentuk salad di musim panas. Dan bumbu yang biasa dipakai di daerah ini antara lain bawang, bawang putih, rosemary, sage n bay leaves.

 

Beberapa makanan di Roma:

Pasta alla carbonara

Ini merupakan pasta yang dicampur bacon, telur, keju parmesan. Bisa ditambahkan lada hitam… yummie… :D harga per porsi biasa antara €.4.5 – 8.- termasuk minum.

161020123464_resize_resize

 

Risotto alla Romana

Nasi yang dimasak dengan saus yang terbuat dari hati dan marsala (sejenis anggur dari daerah Sicily). Harga per porsi biasa antara €.4.5 – 8.- termasuk minum.

161020123465_resize_resize

 

Pizza

Di roma terkenal dengan pizza putih (pizza bianca) yaitu pizza dengan topping minyak zaitun, garam dan rosemary. Terkadang pizza Bianca ditambahkan buah ara matang jika sedang musim. Selain itu banyak juga ditemukan pizza dengan topping artichoke, bayam, zucchini, terong hihihih… selain topping2 yang biasa seperti bacon, ham dkk.. salah satu kedai pizza terkenal adalah Forno Campo de’Fiori. Harga sekitar €.2-8.- bisa terdiri dari antara 4 sampai 7 potong (di beberapa kedai pizza yang menyediakan tempat duduk biasa harganya lebih mahal)

IMG_9382_resize_resize

 

Gelato

Siapa yang tidak tahu gelato hihihi… kalau ke Italia harus puas-puasin makan gelato. Café-café gelato bisa menyajikan beragam jenis gelato dengan berbagai jenis rasa. Range harganya pun beragam tergantung tempat… so far paling mahal adalah kedai di sekitar spannish steps dan trevi fountain.. range harga untuk 2 pilihan rasa gelato di roma €.1.8 – 4.-

gelato rasa bluberry + strawberry... and nanas + black cherry

gelato rasa bluberry + strawberry… and nanas + black cherry

 

Untuk air minum, di Roma tidak perlu takut kekurangan air minum (gratis hehehe). Dari jaman dulu air segar dari Roma merupakan salah satu yang terbaik. Juga mempunyai persediaan yang sangat banyak, tidak seperti banyak kota mediterania lainnya. Penyaluran air ini sudah ada sejak jaman dulu dengan tersedianya banyak aquaduct yang dibangun oleh para kaisar dan pemimpin Romawi untuk rakyatnya. Air minum ini dialirkan melalui pipa-pipa bawah tanah ke seluruh penjuru kota. Sehingga banyak bisa dijumpai air mancur kecil serta kolam dengan hiasan indah di tempat-tempat seputar Roma. Hanya saja jika disebutkan ‘aqua non potabile’ itu artinya jangan diminum :D jadi siapkanlah selalu botol air untuk bekal berkeliling kota ;)

IMG_6376_resize_resize

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>