Roma

Ibukota negara Italia, berada di propinsi Latium. Letaknya di tepi sungai Tiber (Tivere) di bagian tengah Italia dekat dengan Laut Tyrrhenian. Roma dibangun pada tahun 753 SM di tanah yang merupakan pertemuan dari 7 bukit, Aventine, Palatine, Caelian, Capitoline, Viminal, Esquiline dan Quirinal; dengan ketinggian beragam antara 45-65 m dari permukaan laut. Ke 7 bukit tersebut mengelilingi komunitas Romawi kuno. Selama berabad-abad Roma disebut sebagai kota abadi karena kota ini punya arti penting dalam perkembangan budaya Eropa. Sejak tahun 1871 menjadi ibukota kerajaan Italia bersatu.

 

Sekarang ini kota Roma terbagi menjadi 2 wilayah:

  • wilayah kota bagian dalam, yang berada di dalam tembok Aurelian yang di bangun di abad ke 3 masehi untuk menutupi area yang dikelilingi oleh ke 7 bukit tersebut
  • wilayah kota bagian luar, yang merupakan kediaman penduduk, berada di luar dari tembok Aurelian.

 

Pusat kota tua Roma masuk sebagai salah satu situs warisan dunia pilihan UNESCO, dan bangunan bersejarah kota ini Colosseum termasuk sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia modern.

171020123471_resize2

Roma dapat dicapai dengan penerbangan langsung ke kota ini. Terdapat 2 bandara di kota Roma; bandara Internasional Leonardo da Vinci atau yang sering disebut Fiumicino, merupakan bandara utama Roma; serta bandara Internasional Ciampino yang lebih dekat jaraknya dengan kota, merupakan bandara yang melayani penerbangan-penerbangan intra Eropa berbujet rendah seperti Easyjet dan Ryanair.

 

Dari bandara Fiumicino menuju kota Roma, dapat dicapai dengan menggunakan kereta:

  • kereta Leonardo Express, dengan frekuensi keberangkatan setiap 30min sekali langsung menuju stasiun Termini dalam 32min. Harga untuk sekali jalan adalah €.14.- dibeli secara online. trenitalia
  • kereta Metropolitan. Harga ticket nya lebih murah sekitar €.8.- tetapi kereta ini tidak menuju stasiun Termini, dapat berhenti di salah satu stasiun (Ostiense/Tiburtina).

 

Perlu diingat, ke2 ticket kereta di atas harus divalidasi di mesin validasi ticket sebelum naik ke kereta, dan berlaku 90min setelah validasi.

 

Transportasi lainnya adalah menggunakan bus Terravision. Ini adalah transportasi yang  termurah (n yg paling disarankan deh heheheh) antara bandara Fiumicino (terminal 3, perhentian bus no.3) dengan pusat kota Roma, lama perjalanan sekitar 55min, dengan perhentian di samping stasiun Termini (via Marsala, di depan Terracafe). Selang waktu keberangkatan di pagi dan siang hari adalah setiap 30min, frekuensi dikurangi untuk keberangkatan malam hari. Ticket untuk sekali jalan €.4.- dapat dibook secara online. terravision

 

Baik untuk ticket kereta ataupun bus, sebaiknya dibooking online, karena harga yang dijual on spot biasa lebih mahal sekitar €.1 – 2.-

 

Untuk berkeliling kota Roma, bisa dilakukan dengan menggunakan metro, bus ataupun kereta. Terdapat pilihan ticket antara lain:

  • B.I.T (biglietto semplice) €.1.5 merupakan tiket standard yang berlaku untuk 1x penggunakan metro, atau 75min penggunaan metro/bus.
  • B.I.G (biglietto giornaliero) €.6.- merupakan pass 1 hari yang dapat digunakan untuk penggunaan metro, bus ataupun kereta dalam kota Roma. Pass ini hanya berlaku sampai tengah malam pada hari dimana pass ini dicap.
  • B.T.I (biglietto per 3 giorni) €.16.5 merupakan pass berlaku untuk 3 hari pemakaian.

 

Cara lain untuk berkeliling kota Roma adalah dengan berjalan kaki , yup Roma tidak sebesar yang dibayangkan koq heheheh… banyak tempat yang mudah dicapai dengan berjalan kaki. Juga daripada berdesak-desakan dalam bus / metro terutama sewaktu jam-jam padat pergi dan pulang kantor, belum lagi kemacetan kota hehehe

 

Rute-rute untuk berjalan kaki antara lain:

  • Termini – Piazza della Repubblica (Teatro dell’Opera & st. Maria degli Angeli) – Piazza Esquiline (Basilica Maria Magiore) – Via del Quarto Fontane – Piazza Barberini (Trevi Fountain) – Piazza di Spagna (Spannish steps)
  • Vatican City – Castel Sant’Angelo – Piazza Navona (Fontana dei Quattro Fiumi) – Campo de’ Fiori – Tiber Island
  • Colosseum – Roman Forum – Piazza Venezia (Il Vittoriano) – Capitoline Hill (St. Maria d’Aracoeli, Piazza del Campidoglio, Palazzo Senatorio)

 

Yang perlu diperhatikan adalah tetap berhati-hati, kota Roma adalah salah satu kota Eropa yang cukup kurang aman terutama harus berhati-hati terhadap orang-orang yang menanyakan alamat, biasanya mereka membuka peta ditunjukkan kepada kita lalu tangan nya berusaha merogoh kantong/tas kita. Waspada juga terhadap wanita dan anak-anak. Dan terutama tas jangan sampai ditinggalkan tanpa pengawasan heheheh… ;)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>